Upacara Pernikahan Toraja Yang Unik Dan Menarik

Berbagai macam daya Tarik yang sudah ditawarkan oleh suku toraja untuk mendatangkan dan mengenalkan kebudayaan mereka kepada dunia luar salah satunya adalah emlalui upacara pernikahan toraja. Sebagian besar masyarakat di luar toraja beranggapan bahwa penikahan yang terjadi di suku toraja ini sangatlah unik dan patut untuk diabadikan dan disaksikan secara langsung, sayangnya untuk menyaksikan upacara pernikahan ini tidak serta merta dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bagi anda para traveler yang imgin menyaksikan upacara pernikahan ini datanglah pada waktu-waktu yang tepat dengan mencari informasi terlebih dahulu kapan biasanya masyarakat toraja mengadakan ritual dan upacar pernikahan.
Pernikahan toraja ini secaragaris besar sama saja dengan system pernikahan yang diadakan oleh daerah-daerah lain hanya ditambahkan beberapa upacara adat dan tradisi local saja, karena msyarakat toraja yang masih kental dengan tradisi nenek moyang maka segala macam setiap langkah prosesi pernikahannya pun berdasarkan tradisi dan kepercayaan dinamisme. Disinilah letak keunikan dan daya Tarik yang membuat banyak pengunjung dari berbagai daerah dan Negara penasaran dan ingin menyaksikan secara nyata bagaimana prosesi upacara ini berlangsung, selain ritual pernikahannya yang mengandung unsur dinamisme ternyata daya Tarik lainnya dari upacara pernikahan masyarakat suku toraja ini adalah berbagai perlengkapan dan pernak pernik yang digunakan oleh pengantinnya baik laki-laki maupun perempuan itu sendiri.
Berikut ini adalah bebrapa hal unik dan menarik dari upacara pernikahan toraja yang banyak menuai pengunjung dari berbagai daerah dan Negara untuk menyaksikan prosesi yang jarang terjadi tersebut :
1. Tidak menggunakan penghulu atau pedneta dan tokoh agama lainnya, masyarakat toraja dalam upacara pernikahannya menggunakan atau dilaksanakan oleh pemerintah adat (kepala suku).
2. Pernikahan yang terjadi dalam amsyarakat toraja ini benar-benar diatur dalam suatu ajaran adat bernama aluk todolo, jadi tidak dapat serta merta dilakukan begitu saja
3. Terdapat pasukan bernama pasukan doke yaitu seorang pengiring pengantin yang membawa tombak dan berusaha melindungi si pengantin.

Itulah keunikan dari pernikahan toraja yang mungkin berbeda dan tidak dapat anda temukan pada derah lainnya, jika beruntung maka anda dapat dipersilahkan menyaksikan dan turut membantu selama prosesi tersebut berlangsung namun jika pihak penganting tidak menyetujuinya maka anda dapat melihat dari barisan penonton saja dan mengambil gambar dari kejauhan https://www.exploretoraja.com/. Untuk dapat turut berpartisipasi dalam upacara pernikahan tersebut ana harus meminta izin terlebih dahulu kepada kepala suku dan anggota keluarga pengantin dari kedua belah pihak. Karena upacara pernikahan ini adalah upacara yang sacral sehingga tidak semua orang diizinkan dan diperkenankan untuk turut membantu andil dalam acara tersebut hanya ketika sudah mendapat izin saja baru dipersilahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *