Kenaikan BBM Pengaruhi Harga Obat

Daftar Harga Obat – Mendekati kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta tarif basic listrik di kuatirkan juga akan berimbas pada kenaikan harga obat. Meski demikian pemerintah berjanji untuk mengatur harga obat generik.

” Siapa yang dapat jamin? Yang pasti kita juga akan berusaha untuk mengatur harga obat generik. Kita juga akan utamakan mengatur harga obat generik yang esensial, dengan mengambil keputusan ketentuan menteri kesehatan mengenai harga obat generik, ” ucap Maura Linda Sitanggang, Direktur Jenderal Bina Kefarmasian serta Alat Kesehatan Kementrian Kesehatan di Jakarta, Jumat, (9/3/2012).

Linda mengakui kalau pemerintah tidak mempunyai biaya spesial atau subsidi untuk obat generik. Ia menilainya kiat yang paling efisien untuk mengatur harga obat generik yaitu dengan System Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

” Namun yang pasti dari pengalaman yang bebrapa telah, meskipun berlangsung kenaikan harga, umumnya untuk obat diusahakan supaya harga nya lebih stabil daripada yang beda jadi trend naiknya mungkin saja paling terakhir, ” terangnya.

Linda juga memberikan kalau kenaikan harga obat tidak selamanya di pengaruhi atau ditetapkan oleh kenaikan harga BBM. Mesti diliat juga dampak harga BBM pada harga-harga beda, umpamanya pada kenaikan harga bahan baku, paket serta operasional produksinya.

” Bila itu tidak punya pengaruh kita berharap tidak berlangsung kenaikan. Jadi kita saksikan seberapa besar dampak hal itu untuk membuat harga, ” tutupnya. Baca Juga Obat Tradisional di : https://hargaobat.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *