3 Tips Lolos Wawancara Kerja

Wawancara dalam melamar pekerjaan merupakan sesi paling mendebarkan bagi seorang pencari kerja. Meskipun seseorang mampu lolos test administrasi dengan baik, belum tentu untuk sesi wawancara dia bisa melakukan hal yang serupa.

Umumnya faktor penampilan, cara bicara, kesiapan mental turut mempengaruhi bagaimana proses wawancara kerja akan berlangsung.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh seorang karyawan yang ingin melakukan wawancara kerja agar bisa diterima dengan baik, diantaranya adalah:

1. Persiapan teknis
Ini soal bagaimana kamu berpakaian, bagaimana kamu bisa hadir tepat waktu di lokasi yang dijanjikan untuk wawancara.

Ini akan mempengaruhi mental dan rasa percaya diri yang kamu miliki saat berinteraksi dengan pihak yang mewawancarai. Gunakan costum yang sesuai dengan perusahaan yang akan kamu tuju.

2. Punya pengalaman
Sebenarnya pada saat sesi wawancara, pihak yang mewawancarai ingin mengetahui lebih detail tentang pengalaman yang pernah kamu miliki untuk sebuah job yang kamu lamar.

Jika belum ada pengalaman, setidaknya kamu memiliki kemampuan dan kesiapan yang baik untuk nantinya bisa melakukannya.

Jika kamu sudah punya pengalaman yang bagus pada posisi yang kamu inginkan, besar kemungkinan pihak perusahaan akan memilih mu.

Atau setidaknya, kamu memiliki kesiapan secara fisik dan teknis serta kemampuan berpikir terhadap pekerjaan yang kamu inginkan.

Untuk informasi Lowongan kerja sekitar kota Bertuah, silahkan klik info lowongan kerja Pekanbaru

3. Komitmen
Suatu ketika, seorang pekerja muslim melamar di sebuah perusaan non muslim. Lalu ia ditanya apakah dia siap membuka jilbabnya untuk pekerjaan tersebut?

si muslim menjawab, tidak karena itu adalah prinsip dari kepercayaan yang dia anut.

Pelamar ini menyangka ia akan ditolak, tapi ternyata perusahaan tersebut justru menerimanya karena itu menandakan komitmen yang dimilki oleh seorang calon pekerja.

Hati-hati dengan pertanyaan yang menjebak pada setiap sesi wawancara.

Mempromosikan kemampuan diri kita di hadapan pewawancara harus dilakukan secara natural dan tidak dibuat-buat.

Orang akan tau bagaimana kemampuan kamu yang sesungguhnya, bukan hanya dari cara bicara yang terlalu meninggi dan sebagainya. Hindari bahasa-bahasa yang mencerminkan kesombongan kamu sebagai calon pekerja.

Sumber: www.tunakarya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *