Penyebab Diare pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Diare adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Diare dapat menyerang siapaun baik manusia maupun hewan. Manusia dari segala umur juga dapat terserang diare bila tidak memperhatikan kebersihan lingkungan terutama makanan beserta alat-alatnya. Untuk itu perlu diperhatikan kebersihan lingkungan. Penyakit Diare pada anak juga sangat rentan terjadi karena anak memang belum mengerti apa itu kebersihan. Maka dari itu, sebagai orang tua tentunya. Diare pada anak sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kekuranga cairan yang berlebih akibat diare tersebut. Mereka yang mengalami dehidrasi akan melemas dan dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penyakit diare adalah penyakit umum yang terjadi pada masyarakat. Penyebabnya sangat banyak ntah itu dari kurangnya kebersihan alat makan serta makanannya, ataupun jenis makanan yang dimakan. Kebanyakan diare disebabkan oleh kurangnya menjaga kebrsihan seperti memakan makanan yang dikerubungi lalat, saat memasak kurang higienis, alat makan yang kurang bersih dan juga air yang digunakan kurang dijaga kebersihannya. Namun penyebab diare pada anak bisa disebabkan karena salah makan. Anak bisa saja terkena diare karena makanan yang mereka makan kurang cocok sehingga pencernaan kurang menyerap dengan baik.  Berikut ini penyebab mengapa anak bisa terserang penyakit diare:

Kenali Beberapa Penyebab Diare Yang Terjadi Pada Anak

waspada penyakit diare pada anak

  1. Tempat bermain yang kurang bersih. Anak yang bermain di tempat yang kurang bersih gampang sekali terserang penyakit diare. Penyebab diare adalah bakteri yang dapat menembus kulit dan juga dapat masuk melalui kuku.
  2. Makanan terlalu pedas maupun berminyak. Makanan yang terlalu pedas dapat mneyebabkan saluran pencernaan terinfeksi karena sifat pedas tersebut dapat mengganggu dinding-dinding saluran pencernaan. Makanan yang terlalu berminyak juga dapat menghalangi usus untuk menyerap air saat proses pencernaan. Sehingga air tidak dapat terserap dan keluar bersama kotoran saat buang air besar.
  3. Makan jajan sembarangan. Sebaiknya awasi jajanan yang biasa mereka makan. Anak biasanya kurang memperhatikan kebersihan jajan mereka. Jangan sampai mereka jajan di tempat yang banyak lalat ataupun alat memasaknya kurang bersih karena itu dapat memicu terjadinya diare.
  4. Tidak membiasakan cuci tangan sebelum makan. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan dapat meminimalisir masuknya bakteri penyebab diare melalui tangan. Tangan merupakan salah satu anggota badan yang menyimpan banyak bakteri penyebab penyakit.
  5. Alergi obat-obatan.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1192856/sigap-menghadapi-diare-pada-anak

Demikian beberapa penyebab diare pada anak. Sebaiknya selalu jaga kebrsihan terutama anggota tubuh. Biasakan cuci tangan sebelum makan dengan sabun antiseptik seperti Lifebuoy. Lifebuoy adalah salah satu brand yang mendukung terhadap kebersihan dan kesehatan. Anda dapat menggunakan produk tersebut untuk menjaga keluarga Anda dari bakteri sumber penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *