Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Berat badan menjadi salah satu yang sangat diperhatikan oleh setiap orang mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua. Tidak peduli perempuan atau pria.

Umumnya perempuan sangat peduli pada berat badannya. Ini karena secara langsung berat badan akan sangat berpengaruh pada penampilan seseorang. Dan seperti yang kita ketahui, perempuan sangat peduli dengan penampilannya.

Sebenarnya bukan hanya perempuan yang peduli, bahkan pria pun sebenarnya peduli dengan berat badannya, jika tidak kenapa banyak pria repot-repot pergi ke gym untuk berolahraga? Tentu karena mereka peduli dengan penampilannya, atau setidaknya ingin menjaga berat badannya.

Sayangnya, meski banyak orang ingin memiliki berat badan ideal, termasuk pria, namun banyak juga yang sebenarnya tidak tahu, berapa sih berat badan idealnya dan bagaimana cara menghitung berat badan ideal? Sebenarnya anda tidak perlu ke dokter untuk mengetahui berapa berat ideal anda, ini karena anda bisa coba menghitungnya dengan rumus berat badan ideal. Penasaran? Berikut ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria yang bisa anda gunakan untuk mengetahui berat badan ideal anda!

  • Berat Badan Ideal = (Tinggi badan – 100 ) x 90% 

    Misalnya tinggi badan anda 170cm, BB ideal anda adalah sebagai berikut: (170 – 100) x 90% = 63 kg. Jadi, berat badan ideal anda 63 kg

    Ukurlah berat badan ideal anda. Anda termasuk kelebihan berat badan jika berat badan anda lebih besar 10%-20% dari berat badan ideal. Jika hasilnya lebih dari 20% dari berat badan ideal anda berarti anda mengalami kegemukan/obesitas. Sebaliknya anda termasuk kategori kurus atau kekurangan berat badan jika berat badan anda kurang 10% dari berat badan ideal.

Nah itu dia cara menghitung berat badan ideal bagi pria. Selain itu, mungkin ada baiknya anda juga berkonsultasi ke dokter mengenai berat ideal tubuh. Jangan lupa konsumsi makanan dan minuman bergizi agar tubuh anda tetap sehat, seperti buah dan sayuran. Rajin-rajin berolahraga dan hindari rokok serta junk food agar tubuh anda tetap sehat dan berat badan anda ideal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *