Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan Tinggi Badan

Berat badan menjadi hal yang cukup diperhatikan banyak orang. Bahkan perempuan sangat sensitif jika ditanya mengenai berat badan mereka.

Pada dasarnya semua perempuan ingin memiliki tubuh sempurna bak model dengan berat badan yang ideal. Bahkan saking inginnya, banyak yang akhirnya terobsesi untuk menurunkan berat badannya hanya agar terlihat langsing bak model. Lucunya meski ingin punya tubuh ideal, banyak lho yang tidak tahu sebenarnya berapa sih berat badan ideal untuk tubuh mereka?

Well, untuk mengetahui berat badan ideal sebenarnya ada cara menghitung berat badan ideal yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah dengan rumus berat badan ideal. Dan berikut ini rumusnya!

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg.

Biasanya badan ideal juga ditentukan oleh tinggi badan yang kita miliki. Namun selain tinggi badan, ada beberapa hallain yang juga menentukan badan ideal anda.

  • Lingkar pinggang menjadi salah satu faktor penentu badan ideal. Untuk itu, sebaiknya anda mengukur lingkarnya diatas tulang pinggul atau disekitar pusar. Wanita yang sehat memiliki lingkar pinggang kurang dari 88 cm.
  • Denyut jantung juga menjadi penentu badan ideal. Tubuh yang sehat dan badan yang ideal memiliki kisaran denyut jantung normal antara 60 sampai 100 kali per menitnya. Untuk menghitungnya anda bisa menyentuh pergelangan tangan kiri dan menghitung detak jantung anda selama satu menit. Denyut jantung yang rendah menunjukkan kesehatan fisik yang baik. Sedangkan denyut jantung yang lebih tinggi diakibatkan oleh jantung yang bekerja lebih keras.
  • Jumlah lemak dalam tubuh juga jadi penentu badan ideal. Sekedar informasi, wanita yang sehat memiliki 20 hingga 32 persen lemak dalam tubuh.

Untuk mengetahui berat badan ideal, anda bisa mengukurnya dengan rumus diatas. Namun untuk mendapatkan badan ideal, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mengetahui apa yang anda butuhkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *