Batu Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sebagian orang yang mengalami batu ginjal akan menghadapi tantangan yang rumit tentang bagaimana mengelola dan mengobati penyakit ini. Di artikel ini akan dijelaskan tentang penyebabnya, dan pilihan pengobatan yang efektif. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang bagaimana Anda dapat mencegah timbulnya penyakit ini dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

batu ginjal

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu dijelaskan istilah “Batu Ginjal.”

Batu ginjal adalah zat mineral kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal.

Batu ginjal terbentuk dari bahan yang mengandung kristal seperti kalsium dan asam urat yang tidak dapat diencerkan oleh cairan dalam urin Anda dan ini sering terjadi saat urin Anda tidak mengandung bahan yang mencegah kristal tidak saling menempel. Hal ini menyebabkan terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh.

Gejala

Batu ginjal tidak asimtomatik sampai masuk ke ureter. Berikut ini adalah gejala batu ginjal.

  • Darah dalam urin.
  • Muntah dan mual
  • Mengurangi jumlah ekskresi urin
  • Membakar sensasi saat buang air kecil

Tindakan pencegahan

Ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dijaga dan ini termasuk yang berikut:

Minum banyak air: Praktisi medis merekomendasikan agar Anda minum banyak air putih, kira-kira 12 gelas atau sekitar 3 liter air dalam sehari, terutama jika Anda memiliki riwayat batu ginjal. Ini membantu membuang racun ke sistem kemih Anda.

Kemungkinan mengalami dehidrasi lebih tinggi jika Anda tinggal di iklim yang panas dan kering, jadi Anda mungkin perlu menambah jumlah air yang Anda konsumsi.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Jika buang air kecil anda lancar dan urin berwarna jelas, itu adalah sinyal bahwa Anda cukup banyak minum, tapi jika sudah gelap dan terkonsentrasi, maka inilah saatnya untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Kurangi makanan kaya oksalat: Jika batu Anda bersifat kalsium oksalat, Anda mungkin perlu menghindari makanan yang mengandung oksalat seperti okra, bit, bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, produk kedelai dan chard Swiss.

Kurangi asupan garam dan protein hewani: Anda perlu meminimalkan jumlah garam yang Anda konsumsi; Tambahkan sedikit jumlah saat memasak atau makan dan pergi untuk protein non-hewani seperti kacang polong.

Konsultasikan dengan Dokter Anda: Jika Anda memiliki batu ginjal, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda secara teratur. Juga carilah rekomendasi ahli diet yang baik yang bisa membantu Anda merencanakan makanan Anda.

Pilihan perawatan

Terapi medis: Dokter Anda bisa memberi Anda beberapa obat yang dikenal sebagai alpha blocker, dan ini akan memungkinkan Anda melewatkan batu dari tubuh Anda. Ini menenangkan otot di ureter Anda dan membuat Anda melewati batu dengan lebih mudah. Pengobatan ini hanya bekerja jika batu ginjalnya kecil.

Ada pilihan pengobatan lain yang efektif, jika batu terlalu besar.

Gelombang suara: Dokter Anda mungkin memilih pengobatan lain jika batu terlalu besar dengan menggunakan gelombang kejut litotripsi extracorporeal (ESWL). Ini menggunakan gelombang suara dengan getaran kuat untuk melarutkan batu menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian Anda dapat dengan mudah menyebarkannya dalam urin Anda.

Pembedahan: Anda mungkin perlu menjalani operasi bedah jika batu ginjalnya besar dan prosedur ESWL tidak berhasil.

Tindakan pencegahan

Tindakan pencegahan terbaik adalah dengan memastikan Anda makan dengan benar, kurangi asupan garam, dan tingkatkan volume air yang Anda minum setiap hari. Ini akan membuat Anda terhidrasi dengan air yang cukup dalam tubuh Anda untuk mencairkan urin dan mengeluarkan zat yang bisa menempel membentuk batu ginjal.

Tak perlu dikatakan bahwa ada sedikit cara untuk menghindari penyakit ini. Selalu pastikan Anda minum cukup air, tetap terhidrasi, hindari asupan garam, dan dapatkan bantuan medis jika diperlukan.

Dapat artikel seputar info penyakit dan artikel kesehatan lainnya di http://artikelkesehatan99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *