Perbedaan Webhosting Indonesia Serta Luar Negeri Dan Cara Memilihnya

Webhosting indonesia memang dikenal berbeda dengan website yang berasal dari luar negeri. Namun apa saja perbedaan yang dimiliki diantara keduanya? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu anda ketahui, banyak diantaranya orang yang berpendapat bahwa webhosting luar negeri memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan webhosting yang ada di Indonesia. Padahal jika anda ketahui, tidak semua produk luar negeri lebih bagus dari produk yang dihasilkan dalam negeri seperti halnya webhosting. Karena kualitas dari webhosting itu sendiri umumnya ditentukan oleh beberapa hal yang berkaitan dengannya, seperti layanan penyedia yang dimilikinya. Itulah sebabnya sebelum menentukan akan menggunakan webhosting dari Indonesia atau bahkan luar negeri akan lebih baik apabila anda memperhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas yang dimilikinya, seperti halnya beberapa hal di bagian bawah ini :

  • Harga

Hal pertama yang wajib untuk anda perhatikan dalam melihat kualitas webhosting adalah memperhatikan harga yang dimilikinya, Pasalnya pihak penjual akan memberikan harga lebih tinggi apabila webhosting yang disediakan olehnya memiliki kualitas serta kuantitas terbaik, entah itu untuk jenis webhosting dari dalam atau bahkan luar negeri. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi semua jenis webhosting yang ada, karena ada pula diantaranya layanan webhosting murah yang menyediakan dan memberikan kualitas terbaik. Tapi memang setidaknya harga webhosting yang tinggi dapat dijadikan sebagai salah satu indikasi yang menunjukkan bahwa webhosting tersebut termasuk dalam jenis webhosting berkualitas tinggi. Hal yang satu ini tidak hanya ditunjukkan oleh penyedia webhosting dari pihak perusahaan tertentu, bahkan perseorangan pun juga dapat melakukan hal serupa. Namun perlu anda ketahui, bahwa webhosting yang ada di luar negeri umumnya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan webhosting yang ada di Indonesia. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan kurs nilai uang dari luar negeri yang dinyatakan tidak stabil.

  • Profil perusahaan dari penyedia layanan hosting

Hal selanjutnya yang juga patut untuk anda perhatikan adalah perusahaan dari layanan penyedia hosting yang hendak anda gunakan. Pastikanlah untuk memilih perusahaan terpercaya dan bukan jenis perusahaan abal-abal. Pasalnya dengan memilih perusahaan yang terpercaya, maka dapat dipastikan layanan webhosting yang bisa anda dapatkan pun akan jauh lebih berkualitas pula. Lebih dari itu, dengan melakukan pembelian di tempat tersebut, maka anda pun dapat menghindari tindakan kriminal seperti halnya penipuan yang saat ini marak dilakukan oleh perusahaan hosting abal-abal dan tidak bertanggung jawab. Itulah sebabnya dalam memilih perusahaan tersebut, pastikan untuk melihat informasi detail yang dimiliki perusahaan itu tadi, seperti halnya alamat, nomor telepon, serta nama perusahaan yang lebih jelas. Beberapa hal tersebut umumnya dapat anda perhatikan pada layanan webhosting yang ada di dalam negeri. Namun jika anda ingin memilih layanan dari perusahaan webhosting dari luar negeri maka cobalah untuk mempertimbangkan ehost, bluehost, ideahost, ipage, justhost, inmotion, hostgator, serta web.

Dua bagian di atas tadi menjadi penjelasan singkat yang wajib untuk anda perhatikan sebelum memilih layanan webhosting dari dalam atau bahkan luar negeri. Namun jika anda masih merasa bingung dengan kualitas yang dimilikinya simaklah perbedaan dari webhosting dalam negeri serta luar negeri di bagian bawah ini :

Metode pembayaran

Perbedaan pertama antara webhosting dalam serta luar negeri itu terletak melalui metode pembayaran yang dilakukannya. Pasalnya metode pembayaran yang dilakukan pada webhosting luar negeri itu umumnya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, kemudian bitcoin, serta paypal. Sedangkan untuk metode pembayaran yang dimiliki oleh layanan webhosting di dalam negeri umumnya hal ini dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran via transfer bank.

Lokasi server hosting

Sedangkan perbedaan kedua itu muncul pada penggunaan lokasi dari server hosting. Perbedaan tersebut muncul pada layanan server hosting luar negeri yang umumnya tidak menggunakan lokasi dari server lokal seperti halnya Indonesia, dan lebih memilih menggunakan lokasi internasional seperti Amerika, kemudian Singapore, serta Eropa. Sementara untuk penyedia webhosting dalam negeri itu sendiri, umumnya menyediakan lokasi server lokal yang ada di Indonesia dan juga menyediakan server internasional secara sekaligus.

Dari perbedaan di bagian atas tadi, tentunya anda dapat melihat jenis webhosting mana kiranya yang lebih menguntungkan dan tepat untuk anda gunakan, apakah itu webhosting dari luar negeri atau justru webhosting indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *