5 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Catering

5 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Catering

Didalam suatu bisnis memang tidak selamanya menemukan keuntungan, kadang juga malah mendapatkan kerugian. Memang benar bisnis kuliner itu sangat menjanjikan, namun juga memiliki kekurangan. Berbisnis memang tidaklah sulit bagi orang yang telah berpengalaman dan teliti dalam melihat prospek yang bagus, mereka akan mudah merintis usahanya, bahkan hampir tidak menemukan kendala yang berarti karena sudah terlatih dari pengalaman yang diperoleh – Catering Jogja.

Tetapi bagi orang yang baru memulai usaha memang butuh kerja keras dalam membangun usahanya, hingga menghabiskan hari-harinya untuk bekerja membangun usahanya. Tidak sedikit pula yang gagal dalam membangun usahanya, biasanya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang belum dipahami oleh pengusaha pemula.

Dibawah ini akan dijelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan bisnis catering ini,

1.Kurang Pemahaman Terhadap Bisnis

Kurangnya pemahaman terhadap bisnis yang sedang dirintis akan berdampak buruk bagi kelangsungan usaha anda. Karena anda akan dituntut membuat strategi bisnis catering anda agar mempunyai daya saing yang bagus, anda juga harus mengerti tentang masakan, cara penyajian dan juga pemasaranya. Pemahaman bisnis juga mencakup sarana dan prasarana, misalnya info usaha maupun peralatan yang dibutuhkan, karena bisnis tidak saja mengerti tentang pembuatannya saja. Anda dapat mencari lokasi yang dekat dengan pasar atau lokasi sumber bahan bakunya, agar dapat meminimalisir biaya pengeluaran untuk transportasi dan produksi.

 

2. Minim Pengalaman Dan Cara Promosi

Dalam memulai suatu usaha itu minimal harus tetap memiliki pengalaman usaha. Ketika pemilik belum memiliki pengalaman usaha maka pekerjakanlah orang yang mengerti untuk dijadikan partner usaha. Karena jika memiliki pengalaman orang itu mampu menjalankan usahanya seperti cara promosi, target penjualan, dan cara menarik pelanggan, maka akan sangat mudah bagi bisnis anda untuk berkembang.

Anda harus merencanakan juga cara promosinya, ada banyak cara yang dapat dilakukan, seperti  melalui media sosial, media iklan televisi atau radio, dapat juga melalui brosur.

 

3. Pemahaman Dalam Pengadaan Bahan Baku

Pengadaan bahan baku untuk sebuah usaha itu harus direncanakan sejak awal, berapa yang dibutuhkan dan siapa yang mengirimnya. Banyak dari pengusaha pemula justru tergesa-gesa ingin memajukan usahanya dengan membeli bahan baku dalam jumlah yang banyak, tetapi tidak mengetahui cara memelihara bahan baku agar awet dan tetap dalam kondisi baik. Alhasil banyak bahan baku yang rusak sehingga menimbulkan kerugian produksi dalam usaha anda.

 

4. Tidak Dapat Mengelola Keuangan Dengan Baik

Dalam menentukan strategi berbisnis sebaiknya jangan mengandalkan naluri saja. Karena dengan naluri saja tidak cukup, anda harus mempunyai catatan keuangan yang baik, sehingga menimbulkan pemilik tidak mengerti berapa pendapatan rutin bulanan, yang berakibat pada tidak kestabilannya antara pendapatan, penjualan dan penggunaan bahan baku.

 

5. SDM Yang Kurang Memadai

Janganlah selalu mengandalkan seluruh anggota keluarga untuk mengerjakan usaha anda, karena nantinya akan menimbulkan kurang tegasnya seorang pemimpin jika yang bersalah adalah anggota keluarganya. Carilah staff yang berpengalaman yang sudah mengerti tentang bisnis yang anda jalani.

Untuk bagian produksi usahakan yang dapat memasak dan rajin menjaga kebersihan setiap alat dan tempat yang telah digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *