Pulau Ambon

Kode Pos

Pulau Ambon
Pulau Ambon berada di pusat Kepulauan Maluku
Pulau Ambon adalah bagian dari Kepulauan Maluku di Indonesia. Pulau ini memiliki luas 775 km2 (299 sq mi) dan bergunung-gunung, berair, dan subur. Pulau Ambon terdiri dari dua wilayah. Kota utama dan pelabuhan laut adalah Ambon (dengan populasi tahun 2009 284.809), yang juga merupakan ibu kota provinsi Maluku dan Maluku Tengah (dengan populasi 2009 sebesar 370.931). [1] Ambon memiliki bandara dan merupakan rumah bagi Universitas Pattimura dan Universitas Terbuka, universitas negeri, dan beberapa universitas swasta, termasuk Universitas Darussalam (Universitas Darussalam, UNDAR) dan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM).

Pulau Ambon terletak di lepas pantai barat daya pulau Seram yang jauh lebih besar. Di sebelah utara Laut Banda, bagian dari rantai pulau vulkanik yang mengelilingi laut. Panjangnya 51 kilometer (32 mil) dan bentuknya sangat tidak beraturan, hampir terbagi dua. Bagian tenggara dan yang lebih kecil, semenanjung (disebut Leitimor) disatukan ke utara (Hitoe) oleh sebongkah tanah sempit. Kota Ambon berada di barat laut Leitimor, menghadap Hitoe, dan memiliki pelabuhan yang aman di Teluk Amboina.

Gunung tertinggi, Wawani di 1.100 meter (3.600 kaki) dan Salahutu di 1.225 meter (4.019 kaki), memiliki mata air panas dan solfataras. Mereka adalah gunung berapi, dan pegunungan Kepulauan Lease tetangga adalah gunung berapi punah. Batuan granit dan serpentine mendominasi, namun tepian Amboina Bay terbuat dari kapur dan mengandung gua stalaktit.

Daerah liar di Pulau Ambon ditutupi oleh hutan hujan tropis, bagian dari hutan hujan Seram ekoregion, bersama dengan Seram tetangga. Seram, Ambon, dan sebagian besar Maluku adalah bagian dari Wallacea, kelompok kepulauan Indonesia yang dipisahkan oleh perairan dalam dari benua Asia dan Australia dan tidak pernah terhubung dengan benua melalui darat.

Akibat isolasi ini, Ambon memiliki sedikit mamalia asli; burung lebih banyak. Keanekaragaman serangga di pulau ini kaya akan hal itu, terutama pada kupu-kupu. Kerang diperoleh dalam jumlah besar dan beragam. Cangkang kura-kura juga diekspor.

Populasi pulau (dikelola sebagai Kota Ambon, Kecamatan Leihitu, Kecamatan Leihitu Barat, dan Kecamatan Salahutu), termasuk sebuah pulau kecil yang berpenduduk jarang di utara, berada di bawah 441.000 pada Sensus 2010.

Kode Pos Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *