Lemak, Steroid, dan Contoh Lipid

Sabun Gove

Lemak, Steroid, dan Contoh Lipid

Minyak adalah sejenis lipida yang dikenal sebagai trigliserida. Trigliserida padat dikenal sebagai lemak dan trigliserida cair disebut minyak.
Lipid sangat beragam baik dalam struktur dan fungsi masing-masing. Senyawa beragam yang membentuk keluarga lipid dikelompokkan sedemikian rupa sehingga tidak larut dalam air. Mereka juga larut dalam pelarut organik lainnya seperti eter, aseton, dan lipid lainnya. Lipid melayani berbagai fungsi penting dalam organisme hidup. Mereka bertindak sebagai pembawa pesan kimia, berfungsi sebagai sumber energi yang berharga, menyediakan isolasi, dan merupakan komponen utama membran. Kelompok lipid utama meliputi lemak, fosfolipid, steroid, dan wax.

LIPID SOLUBLE VITAMINS
Vitamin yang larut dalam lemak disimpan dalam jaringan adiposa dan di hati. Mereka dieliminasi dari tubuh lebih lambat dari pada vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E, dan K. Vitamin A penting untuk penglihatan serta kulit, gigi, dan kesehatan tulang. Vitamin D membantu penyerapan nutrisi lain termasuk kalsium dan zat besi. Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan juga membantu fungsi kekebalan tubuh. Vitamin K membantu proses pembekuan darah dan menjaga tulang yang kuat.

POLIMER ORGANIK
Polimer biologis sangat penting bagi keberadaan semua organisme hidup. Selain lipid, molekul organik lainnya meliputi:

Karbohidrat: biomolekul yang meliputi gula dan turunan gula. Mereka tidak hanya menyediakan energi tetapi juga penting untuk penyimpanan energi.

Protein: – terdiri dari asam amino, protein memberikan dukungan struktural untuk jaringan, bertindak sebagai pembawa pesan kimia, menggerakkan otot, dan banyak lagi.

Asam nukleat: – polimer biologis yang terdiri dari nukleotida dan penting untuk pewarisan gen. DNA dan RNA adalah dua jenis asam nukleat.

Lemak
Molekul Trigliserida
Trigliserida, model molekuler. Senyawa organik terbentuk dengan menggabungkan gliserol dengan tiga molekul asam lemak. Konstituen utama minyak sayur dan lemak hewani. Atom direpresentasikan sebagai bola dan diberi kode warna: karbon (abu-abu), hidrogen (putih) dan oksigen (merah). LAGUNA DESIGN / Science Photo Library / Getty Images
Lemak terdiri dari tiga asam lemak dan gliserol. Trigliserida yang disebut ini bisa padat atau cair pada suhu kamar. Mereka yang padat diklasifikasikan sebagai lemak, sedangkan yang cair dikenal sebagai minyak. Asam lemak terdiri dari rantai panjang karbon dengan gugus karboksil di salah satu ujungnya. Bergantung pada strukturnya, asam lemak bisa jenuh atau tak jenuh.

Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dalam darah. Hal ini meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular. Lemak tak jenuh menurunkan kadar LDL dan mengurangi risiko penyakit. Sementara lemak telah direndahkan sampai-sampai banyak yang percaya bahwa lemak harus dihilangkan dari makanan, lemak bermanfaat untuk banyak keperluan. Lemak disimpan untuk energi di jaringan adiposa, membantu mengisolasi tubuh, dan melindungi dan melindungi organ tubuh.

Fosfolipid
Molekul fosfolipid
Gambaran konseptual dari molekul fosfolipid yang mengandung kepala hidroponik (fosfat dan gliserol) dan ekor hidrofobik (asam lemak). Stocktrek Images / Getty Images
Suatu fosfolipid terdiri dari dua asam lemak, unit gliserol, gugus fosfat dan molekul polar. Kelompok fosfat dan daerah kepala kutub molekul hidroponik (tertarik pada air), sedangkan ekor asam lemak bersifat hidrofobik (ditolak oleh air). Ketika ditempatkan di dalam air, fosfolipid akan mengarahkan diri mereka ke dalam bilayer di mana daerah ekor nonpolar menghadap area dalam dari bilayer. Daerah kepala kutub menghadap ke luar dan berinteraksi dengan air.

Fosfolipid adalah komponen utama membran sel, yang melampirkan dan melindungi sitoplasma dan kandungan sel lainnya. Fosfolipid juga merupakan komponen utama mielin, zat lemak yang penting untuk mengisolasi saraf dan mempercepat impuls listrik di otak. Ini adalah komposisi tinggi serat saraf mielin yang menyebabkan zat putih di otak tampak putih.

Steroid dan Wax
Partikel LDL dan HDL
Ilustrasi lipoprotein densitas rendah (LDL), atau kolesterol jahat, molekul (kiri) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol baik, molekul (kanan), menunjukkan ukuran komparatifnya. JUAN GAERTNER / Perpustakaan Foto Ilmiah / Getty Images
Steroid memiliki tulang punggung karbon yang terdiri dari empat struktur seperti cincin yang menyatu. Steroid meliputi kolesterol, hormon seks (progesteron, estrogen, dan testosteron) yang diproduksi oleh gonad dan kortison.

Sabun Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *