Keuntungan dari Pembukuan Yang Seringkali Terlupakan Oleh Banyak Orang

Pembukuan merupakan komponen penting di dalam perusahaan. Selain dapat mencatat semua transaksi yang terjadi di dalam perusahaan, ternyata ada kegunaan lain dari book-keeping ini yaitu dapat mengontrol keuangan dari perusahaan.

Sekecil apapun usaha yang Anda miliki, tetap saja membutuhkan book-keeping. Sebenarnya tidak perlu rumit-rumit dalam membuat book-keeping ini, cukup yang simple asalkan mudah dimengerti oleh pembacanya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa book-keeping dapat dijadikan bahan dalam pengambilan keputusan penting bagi perusahaan. Banyak sekali keputusan-keputusan vital yang terlahir dari data keuangan yang disediakan oleh perusahaan. Untuk itu, peran dari book-keeping ini memang tidak boleh diremehkan.

Keuntungan dari Pembukuan Yang Seringkali Terlupakan Oleh Banyak Orang
Keuntungan dari Pembukuan Yang Seringkali Terlupakan Oleh Banyak Orang

Berikut akan disajikan keuntungan lain dari pembukuan yang seringkali terlupakan oleh banyak orang. Penasaran? Yuk langsung saja simak sajian menariknya.

  1. Memudahkan perusahaan dalam memperoleh pinjaman bank
    Para pebisnis seringkali meminjam uang pada bank baik digunakan sebagai modal ataupun biaya operasional. Jadi, menjaga kepercayaan bank adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh perusahaan. Salah satu cara untuk menjaga kepercayan bank adalah dengan rutin menyetor uang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

    Perlu Anda ketahui bahwa sebelum mendapatkan pinjaman uang dari bank, maka perusahaan Anda wajib untuk memperlihatkan laporan keuangan dari perusahaan. Bisa Anda bayangkan jika pembukuan dari perusahaan kacau dan tidak jelas, pastinya bank tersebut juga tidak akan memberikan pinjaman kepada perusahaan Anda.

    Dalam membuat laporan keuangan pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus tercatat secara rapi dan mudah dipahami oleh pihak bank, jadi pihak bank dapat dengan mudah membaca laporan keuangan perusahaan Anda.

    Pihak bank membutuhkan laporan keuangan dari perusahaan Anda adalah untuk menganalisis prospek usaha, sehingga nantinya akan terjadi kesepakatan uang yang dipinjam dan berapa cicilan setiap bulannya.

    Hanya saja, bank tersebut tidak membutuhkan laporan mengenai data penjualan, data pembelian, dan sejenisnya. Yang dibutuhkan hanyalah lima komponen laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan juga catatan atas laporan keuangan.

  2. Untuk menarik para investor
    Keuntungan ini sama halnya ketika perusahaan mencari pinjaman dari bank. Para investor justru lebih sering meminta data laporan keuangan yang menggambarkan prospek dari bisnis yang dijalankan. Namun, sebenarnya tidak semua investor membutuhkan laporan keuangan ini, karena star up pun mampu menjelaskan bagaimana potensi dari perusahaan melalui peluang-peluang yang tersedia.

    Sebenarnya minat para investor juga dipengaruhi oleh besar atau kecilnya perusahaan. Jika masih skala kecil, maka investor akan memandang dari segi peluang bisnis dan juga prospeknya ke depan.

Namun, jika sudah skala besar dan sudah lama malang melintang di dunia bisnis, maka para investor cenderung melihat laporan keuangan dan juga melihat prospek perusahaannya ke depan untuk dipertimbangkan apakah akan menanam saham di perusahaan tersebut atau tidak.

Bagaimanapun juga, laporan keuangan diperlukan untuk menarik minat para investor agar menanamkan sahamnya di perusahaan Anda. Jadi, sebaiknya buatlah laporan keuangan yang terbaik agar para investor melirik perusahaan Anda. Keakuratan dan kejelasan data keuangan juga sangat berpengaruh bagi investor yang menganalisis laporan keuangan dari perusahaan Anda.

Bagaimana, sudahkah Anda menyadari keuntungan dari pembukuan tersebut? Sudah selayaknya perusahaan Anda membuat sistem book-keeping yang terbaik agar keuntungan-keuntungan tersebut dapat diraih dengan mudah.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat pembukuan, lebih baik anda menggunakan aplikasi pembukuan agar proses bisnis yang anda lakukan jadi effisien. Sleekr Accounting, aplikasi akuntansi yang dapat memudahkan anda dalam melakukan pembukuan. Kunjungi  https://sleekr.co/accounting/ untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *