Cara Budidaya Klengkeng Diamond

Kelengkeng Diamond

Budidaya kelengkeng diamond river termasuk tumbuhan memang asli lain kelengkeng dari dataran rendah. sifat unggul diamond river terletak pada sosok tanamannya. percabangan banyak dan produktivitas tinggi. Jual Bibit Kelengkeng.  dia juga berbuah sepanjang tahun varietas ini berdaun hijau cerah, panjang 10 cm L 3 – 4 cm dan tebal bergelombang. tajuknya kompak dan sosoknya cenderung melebar ke samping daripada ke atas. sangat cocok dijadikan tanaman peneduh tidak pertumbuhan diamond river sangat cepat setelah berumur 1 tahun. daging buahnya agar tipis, berbiji kecil, beraroma dan berair saat dikupas. lengkeng jenis ini bisa berbuah pada umur 8 – 12 bulan untuk lengkeng vegetatif dan 2 sampai 3 tahun untuk kelengkeng generatif.

Cara Budidaya Klengkeng Diamond

 

Diamond river termasuk jenis yang sudah berbuah walaupun tanpa perlakuan khusus dan sangat produktif tanaman berusia 3 tahun dapat berbuah 80 -100 kg per musim panen. Konon kabarnya kelengkeng ini berasal dari negeri gajah putih atau thailand. Tapi di indonesia kelengkeng ini bisa berbuah lebat dan rasanya manis. penyiapan lahan untuk menanam bibit kelengkeng diamond river ini dengan bedengan, bisa mengatasi bedanya buah. di dalam bedengan tersebut dibuat lubang 60 X 60 X 60 cm sampai dengan 80 X 80 X 80 cm. lubang dianginkan selama satu minggu bila drainase baik dan apabila drainase kurang baik dua sampai 3 minggu. Siapkan media yang terdiri dari tanah gembur pupuk kandang yang cukup dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Penanaman pada kelengkeng diamond dapat ditanam terlebih dahulu di dalam pot sampai dengan umur 1 tahun dan kemudian dipindah ke pekarangan sekitar rumah, isilah pot dengan media yang telah disiapkan sama dengan media di pekarangan tersebut, setelah berumur kurang lebih 1 tahun pindahkan tanaman tersebut ke pekarangan yaitu pada lubang tanaman yang sudah disiapkan. selanjutnya lubang tanam diisi media sampai rata dengan permukaan tanah berikutnya letakkan pot yang berisi tanaman lengkeng pada lobang tanaman tersebut terakhir timbul dengan media sampai terjadi gundukan setinggi kurang lebih 25 cm dari permukaan tanah. Untuk pemupukan pada tumbuhan kelengkeng diamond river ini sebaiknya dipupuk dengan 2 kg pupuk kandang setiap 2 bulan sekali pada umur 1 – 1,5 tahun di buku instant blue dan instan red digunakan pada tahap pembungaan, diamond river sangat sensitif terhadap over dosis pupuk. untuk pengairan pada kelengkeng diamond river ini sebaiknya disiram dua hari sekali.

Untuk pemangkasan pertama dilakukan 2 bulan setelah bibit ditanam selanjutnya pemangkasan mengikuti pola 1,3,9,27. tanda tanaman siap dipangkas yaitu batang berwarna kecoklatan, batang dipangkas 5 – 10 cm dari ujung pucuk, 2 cm diatas ruas batang terdekat tunas air dibuang karena tanaman yang rimbun menyebabkan tingginya kelembaban sehingga mengundang hama. Sebaiknya tumbuhan kelengkeng diamond river ini memiliki penyangga karena cabang kelengkeng tersebut sangat mudah patah. penyangga dapat dibuat pada saat tanaman berumur setahun atau diperbaiki pada umur 2 tahun. untuk tanaman berumur 1 tahun dipasang 4 tonggak setinggi 2 m di sekeliling tanaman dengan jarak 80 – 100 cm dari batang dan pasang gelang pada tonggak sebanyak 2 susun. Penyangga permanen dapat dibuat pada umur 2 – 2,5 tahun tinggi 4 – 5 meter sebanyak 6 – 9 tahun. Pasang galang 3 susun pada ketinggian 60, 90, 120 cm. untuk menghindari hama lengkeng yaitu kutu putih, tutup buah dengan keranjang anyaman bambu. untuk menghilangkan kutu semprot dengan insektisida atau sikap dan yang terkena kutu dengan sikat gigi dila daun yang terkenal cukup banyak rontokan daun agar segera tumbuh dan baru.

Kami Juga Menjual Beragam Jenis Kelengkeng Lainya,Segera Kunjungi Laman Website Kami Di Jual Bibit Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *