Harga Kacang Hijau Naik Dalam Beberapa Minggu

Harga kacang hijau melonjak dalam beberapa minggu terakhir karna panen kacang hijau tidak bersamaan. Hal seperti ini ditambah hasil panen tidak maksimum karna tempat kacang hijau di Kudus Selatan diguyur hujan.

Harga Kacang Hijau Naik Dalam Beberapa Minggu

Harga kacang Hijau hingga 300 ton

Menurut Nur Afni, satu di antara petani kacang hijau di kelurahan Meteseh Tembalang, Semarang, saat ini harga kacang hijau mencapai Rp 14 ribu per kilo gr. Walaupun demikian. menurut Nur Afni, harga th. ini cukup baik.

” Jumlah itu jauh jadi bertambah di banding panen periode lebih dahulu yang hanya sekitaran Rp 6 ribu – Rp 7 ribu, ” kata Nur Afni, Selasa (9/9/2014) .

Ia menambah, daerah penghasil kacang hijau yang sudah panen satu diantaranya Demak. Tengah beberama di kecamatan Undaan, Kudus sebagian ditanami melon dan semangka. ” Ada juga yang ditanami kacang hijau tetapi pada akhirnya kurang sekian memuaskan, ” kata Nur Afni.

Martono, petani yang beda memberi, apabila musim panas bisa jalan lama jadi pada akhirnya diprediksikan makin lebih maximum.

” Berdasarkan pada penilaian, hujan sekian kali telah turun selama musim kemarau th. ini. Hujan demikian miliki dampak untuk produksi dan kualitas kacang hijau, ” kata Martono.

Menurut Nur Afni, apabila kondisi normal, hasil panen tanaman kacang hijau bisa mencapai 8 – 9 kuintal per hektar. Hal itu bisa terwujud jika cuaca mendukung.

baca daftar harga kacag tanah disini info-pasar.com/harga-kacang-tanah

“Sedangkan saat ini, dengan kuantitatif berkurang 50 persen. Beaya tanam, relatif sama. Per hektare petani rata-rata memakai dana sekitaran Rp 1, 5 juta untuk modal tanam, ” kata Martono.

Komoditi kacang hijau termasuk juga jadi idola karna hasil panen biasanya sudah ditunggu tengkulak. Mereka jual komoditas pertanian ke banyak daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *